Senin, 27 Juli 2009

Rindu kah Saudara/i ke Bona Pasogit ?

Bona pasogit berasal dari bahasa Batak. Yang artinya "kampung halaman". Batak adalah salah satu suku negara Indonesia, dan Bona pasogit suku Batak berada di Sumatera Utara-Indonesia. Nenek moyang Batak itu sendiri berasal dari Pusuk Buhit yang berada di daerah pulau Samosir, dan keturunannya menyebar ke daerah-daerah yang ada di Sumatera Utara. Daerah-daerah tersebut seperti,Pangururan, Nainggolan,Huta Bulu,Balige,Barus dan sebagainya. Sebagian nama daerahnya dibuat sesuai dengan nama orang pertama yang menemukan daerah tersebut.

Bagi yang rindu dan ingin tahu informasi bona pasogitnya bisa membuka web pemerintah kabupaten atau web wisata provinsi Sumatera Utara, karena di situs tersebut sedikit banyaknya telah menyediakan informasi tentang Bona Pasogit saudara/i. Bisa diakses di:
1. www.samosirkab.go.id(Kabupaten Samosir)
2. www.dairikab.go.id(Kabupaten dairi)
3. www.tobasamosirkab.go.id(Kabupaten Tobasa)
4. www.taputkab.go.id(Kabupaten Tapanuli Utara)
5. www.humbanghasundutankab.go.id(Kabupaten Humbang Hasundutan)
6. dan sebagainya.

Setelah melihat situsnya, apa saudara/i kagum melihat Bona Pasogit kita. Di Bona Pasogit kita, sangat banyak kekayaan yang harganya tak ternilai harganya. Dan sangat berpotensi sebagai objek wisata, seperti kekayaan keindahan alam, adat istiadat dan budaya dan peninggalan-peninggalan bersejarah. Kekayaan tersebut tidak kalah dengan kekayaan yang dimiliki daerah lain, saya sebut saja daerah Bali yang merupakan objek wisata yg terkenal di Indonesia bahkan ke dunia. Sekarang tergantung kepada kita semua, khususnya para suku Batak apakah Bona Pasogit yang sangat berharga itu akan tinggal kenangan dan akan hilang lambat laun. Jika saudara/i bangga dengan Bona Pasogit kita, mari kita bangun bersama.
Horas., Horas.., Horas...

Salam..,

5 komentar:

  1. Pertama kali aku keparapat itu waktu sekitar umur 10 tahun kang. Waktu kelas 4 atau kelas 5 SD klo gak salah. Waktu itu pas pesta DanTob pula. hehehehe... cantik banget kang. Sempat mandi2 dan mancing di situ. Tapi ada satu yang kurang, dulu kata bos(ortu) air dantob sering di minumnya kalau haus dan melewati dantob, karena airnya dijamin bersih. Tapi sekarang bos udah gak berani lagi minum air dantob, buat mandi aja udah gak mau lagi. Kembalikan DanTob kita seperti yang dulu.

    BalasHapus
  2. kalau meminum langsung, tentunya tidak disarankan lagi dan juga tidak saya larang.hehe
    Lestarikan danau toba kita.

    BalasHapus
  3. mau kau ikutan membangunnya, kang?
    kita kan ada tuh program Bakti Buat Bona Pasogit :D

    BalasHapus
  4. Saya mau ikut membangun bang..
    apa nama organisasinya bang?
    siapa tau aku bisa bantu secara materi atau bantuan doa:d

    BalasHapus
  5. eits tulang awak...
    ehehehehemmmmmmm...
    ajip,,ajip bona pasogit..
    ehheeh..
    mari sama-sama kita bangun bona pasogit..
    hidup blog ini!!!
    hidup si tulang

    BalasHapus

Dimohon agar komentar tidak berbau sara.Terima Kasih